√ [PITEK] Manfaat Ayam Telon Dalam Sajen

Kegunaan Ayam Telon pada acara Ritual atau pelengkap sajen, adalah hal yang biasa dilakukan. Banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas, mengapa Ayam pilihan saja yang bisa di gunakan sebagai Sajen, termasuk Aym dengan warna Telon atau 3 ini.

ayam telon

Ayam Telon sendiri, di cirikan dari khas warna yang terdapat pada bulunya, bisa:
  • Merah, Putih dan Orange
  • Putih, Hitam dan Kuning
Begitu seterusnya, yang terpenting tanpa warna lain, hanya 3 saja dan inilah yang disebut sebagai Ayam Telon.

Dalam sebuah Ritual, biasanya harus menyediakan persyaratan khusus seperti kembang, tumpeng atau nasi kunir, kemenyan/dupa dan termasuk ingkung dari Ayam Telon. Karena itu, merupakan sebuah sesuguhan untuk melengkapi sajen, setelah cukup barulah Ritual bisa di selenggarakan.

Selain untuk melengkapi sajen dalam ritual Khusus, biasanya Ayam Telon juga digunakan untuk persyaratan sebuah Ilmu atau Ajian, Akan tetapi kembali lagi kepada unsur ilmu yang sedang ia kuasai, tidak harus Telon bahkan Ayam Cemani dan Putih Mulus juga sangat sering digunakan dalam sajen ritual khusus, hanya saja untuk soal hajat tentulah berbeda.

Manfaat Ayam Telon Dalam Ritual

Ini hanyalah sebagai pelengkap saja, yang di haruskan karena sebuah persyaratan yang harus di lengkapi. Seperti halnya Kembang Telon, terdapat simbol dengan pengetahuan khusus, dari warna Ayam ini juga sama menyimbolkan sesuatu dengan makna sebut saja:

Putih Berarti Bersih dan Suci
Hitam Berati Emosi dan keangkaramurkaan
Merah Berarti Berani


Disitulah nanti sebuah permintaan dalam doa, diwujudkan dengan simbol-simbol dari warna Telon tersebut.

Harus diketahui, bahwa Sajen terbagi-bagi jenisnya. Tidak semua yang mengunakannya memuat unsur menyimpang dari ajaran agama, karena dalam Adat Jawa sendiri ini merupakan hal yang patut di selenggarakan mengingat akan turun-temurun, silahturahmi dan rasa syukur kepada Allah swt.

Walaupun benar ada, yang mengunakan Ayam Telon ini untuk tujuan yang lain, namun jarang diketahui banyak orang.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel