√ [SAJEN] Fungsi Ayam Putih Mulus Dalam Ritual

Khasiat Ayam Putih Mulus sangat sering di gunakan sebagai sajen dan juga pengesahan ilmu, biasanya saat perguruan akan menjadikan seorang murid warga baru mereka, Ayam Putih Mulus sangat sering di gunakan. Selain itu, pada tahap menguasai sebuah ilmu Jawa, seperti Ajian dan Khodam pendamping juga sering mengunakan sajen Ayam Putih Mulus.

ayam putih mulus

Biasanya dalam mengunakan Sajen Ayam Putih Mulus adalah simbol kesucian karna memilih Ayam yang berwarna Putih bersi. Dalam lambang ini menyimbolkan sebuah makna dalam sebuah Ritual yang menyuguhkan Sajen, simbol itu sebagai berikut:
  • Kebersihan hati
  • Supaya ilmu bisa masuk dengan titik murni
  • Permintaan dengan segenap ketulusan hati.
Itulah sebabnya, sebagian orang mengutamakan Ayam Putih Mulus sebagai ingkung dalam Sajen sebuah Ritual khusus.

Uraian lengkap untuk tatanan, fungsi dan khasiat serta kegunaanya, kita bahas dibawah ini.

Mengunakan Ayam Putih Mulus Dalam Perguruan Silat dan Padepokan

Ini yang paling banyak sekali mengunakannya, biasanya jika ada murid yang akan naik tingkat, atau di sah kannya menjadi anggota, hingga melakukan pengisian badan. Biasanya, Ayam Putih Mulus akan digunakan melengkapi sebuah simbol kebersihan hatinya dalam menuntut ilmu, jika pengisian biasanya Ayam akan di jadikan bahan pembacaan doa selamat.

Namun terkadang juga terjadi, bahwa ini merupakan sebuah syarat yang tidak bisa di tiadakan. Ia harus ada untuk melengkapi, kesemua syarat, jika tidak ada maka gagalah.

Fungsi Ayam Putih Mulus Dalam Ritual Ajian Kejawen

Biasanya, seseorang yang mentirakati sebuah Aji ilmu Jawa, saat sudah mutus dalam menguasainya sering juga mengunakan Ayam Putih Mulus ini untuk pembacaan doa selamat atau diperuntukan khusus untuk menambah kekuatan sebagai penyempurnaan ilmu.

Selain itu, juga bisa berhubungan dengan Khodam. Dalam Aji-Aji Kejawen sangat erat dengan khodam, biasanya jika ada keperluan khusus untuk melakukan negosiasi maka di sediakanlah ingkung Ayam Putih Mulus untuk berkontak dengan khodamnya. Ritual yang sering digunakan adalah:
  • Santet, Teluh dan Tenung
  • Pengobatan
  • Penarikan puasaka atau harta karun
Untuk tujuan diatas, sebelum melaksanakan tugasnya khodam akan lebih dulu di undang dan memberi sesuguhan, Sajen dan sebagainya.

Setelah itu, ritual langsung di lakukan dan khodam akan mengerjakan tugasnya.

Kesan sajen dan ritual mengunakan ayam putih mulus ini, tidak lepas dari adat Jawa, jadi inilah sebabnya mengapa orang banyak mencari ayam jenis ini hingga fungsi dan khasiatnya dalam sebuah Ritual yang haris ada sebagai persyaratan ghoib.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel