√ [AMPUH] Tuah dan Keampuhan Keris Karno Tinanding

Tuah dan Kekuatan Keris Karno Tinanding / Tanding yang sudah melengenda, sejak zaman dahulu kala sampailah sekarang. Karno Tinanding sendiri, digambarkan sebagai sebuah Pusaka yang di gadangkan, mampu membuat pemiliknya sukses dan disegani, karena itu hingga sekarang masih banyak yang memburu keris ini sebagai koleksi.

keris karno tinanding


Pusaka Keris Karno Tanding, jika dilihat sebagai gambarannya, dan ciri khusus yang terdapat padanya. Di antara ciri tersebut adalah:
  • Gandhik Kalih Ngajeng Wingking
  • Sekar Kacang
  • Jalen
  • Lambe Gajah Kaleh
  • Jenggot
  • Tikel Alis
  • Greneng
  • Gusen dan sogokan.
Pemrakarsa dari Keris Karno Tanding ini bernama Nata Prabu Gendrayana. Dan pembuatnya adalah seorang Empu yang bernama Empu Mayadi dan dibuat sekitar tahun Jawa 827.

Tuah dan Kekuatan Keris

Keris Karno Tanding, di sebut-sebut memiliki Tuah sebagai jalan mencari rejeki dan menumpuk kekayaan. Dalam pergaulan juga baik, jenis Khodamnya termasuk dalam golongan tidak pemilih dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Nama Dapur, Bentuk Karno Tinanding
Pamor, Lambang dan Filosofi: Pedaringan Kebak, bentuk Pamor Keris Pedaringan Kebak ini ditinjau dari gambaran motifnya sangat mirip dengan pamor Wos Wutah. Ditinjau dari sudut arti namanya pun ada kaitannya.
Wos Wutah artinya Beras Tumpah
Sedangkan Pedaringan Kebak artinya Peti Beras yang penuh. Kata“pedaringan”artinya peti beras.
Pada zaman dulu, orang Jawa umumnya menyimpan beras dalam sebuah peti besar terbuat dari kayu. Dari segi bentuk gambaran dalam pamornya, sedangkan pedaringan kebak lebih ruwet dibandingkan dengan bentuk gambaran pamor wos wutah.

Pamor sendiri boleh dikatakan, menempati hampir seluruh permukaan bilah keris tidak mengelompok menjadi beberapa bagian. Sedangkan tuahnya sama dengan tuah pamor wos wutah hanya lebih kuat pamor ini.

Jika di ambil dari segi keampuhannya, Keris Pusaka Karno Tinanding mempunyai khasiat utama Insya Allah untuk:
  1. Kekayaan
  2. Pelaris Dagangan
  3. Pengasihan tingkat tinggi
  4. Membangkitkan ajian pelet alami dalam diri
  5. Ketentraman rumah tangga
Pada dasarnya, Keris Karno Tinanding buatan zaman dahulu yang biasanya disebut dengan Sepuh Tangguh Kerajaan akan memberikan kekuatan yang besar pada pemiliknya.

Namun dizaman sekarang, ada banyak sekali Keris dengan Dapur Karno Tinanding Kamardikan yang dibuat memang untuk pajangan dan Menyimbolkan orang Jawa di mana pun ia berada.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel