[FILOSOFI] Dan Tuah Keris Pamor Wengkon √

Kepopuleran Keris di Nusantara membuat bertebarannya Pamor dan Dhapur, dengan begitu bisa kita lihat betapa Istimewahnya daya Magis sebuah Keris Pusaka. Salah satu Tuah dan keistimewaan Keris dengan pamor yang cukup ternama adalah Wengkon.

tuah keris pamor wengkon

Seperti yang banyak di ketahui, Pamor merupakan motif pada bilah sebuah Keris atau Tosan Aji lainnya yang bisa berupa bentuk seperti:
  • Garis
  • Lengkungan
  • Lingkaran
  • Bulatan
  • Titik
  • Belang-belang
  • Dan bentuk gambar tertentu.
Pamor terbentuk pada permukaan bilah Keris karena adanya perbedaan warna dan perbedaan nuansa dari bahan-bahan logam yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan Keris.

Dengan teknik tempa lipat, logam-logam sebagai bahan baku Keris akan menyatu dalam bentuk lapisan-lapisan tipis tetapi tidak melebur antara satu dengan lainnya.

Karena adanya penyayatan pada permukaan bilah Keris, maka kemudian gambaran pamor akan terbentuk karena adanya perbedaan gradasi warna antara satu jenis logam dengan lainnya.

Salah satu nama pamor yang cukup populer adalah pamor Wengkon, yang akan kita bahas ini. Bentuk gambarnya, menyerupai bingkai di sepanjang tepi bilah Keris. Pamor Wengkon biasa disebut juga dengan nama pamor Tepen, atau pamor Lis-lisan.

Pamor Wengkon, tergolong pamor rekan yaitu pamor yang bentuknya telah dirancang terlebih dahulu oleh Empu pembuatnya. Dari cara pembuatannya ada dua jenis pamor Wengkon, yaitu:
  1. Pamor mlumah
  2. Dan pamor miring.
Pamor Wengkon dipercaya memiliki tuah untuk membantu pemiliknya menjadi lebih hemat, tahan terhadap segala godaan, untuk perlindungan dari serangan ghaib, tolak-bala dan berbagai manfaat lainnya.
Bentuk bingkai disepanjang tepi bilah tersebut melambangkan sebagai perlindungan, memagari, membententengi atau menangkis segala bentuk serangan dari luar yang membahayakan pemilik Keris.
Pamor ini tergolong tidak pemilih, siapa saja bisa cocok memiliki Keris dengan pamor Wengkon. Walaupun bentuknya tampak sangat sederhana, tapi sebetulnya pamor Wengkon termasuk sulit dibuat karena memerlukan tehnik tertentu dalam proses
pembuatannya, dan hanya Empu yang sudah berpengalaman saja yang bisa membuat pamor Wengkon dengan sempurna, yaitu garis Wengkon (bingkai) yang berjarak tetap sejajar (konstan) dengan garis tepi bilah.

Diatas adalah sedikit gambaran, untuk Tuah dan Khasiat sebuah Keris dengan Pamor Wengkon yang sangat unik dan banyak diburu oleh para kolektor.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel