[FILOSOFI] Tuah Keris Brojoguno √

Keris Brojoguno yang dimana tuah dan khasiatnya sudah tidak boleh di ragukan lagi, selain itu juga sangat terlihat Istimewaannya dalam sebuah keindahan bentuk dan seninya. Keris Brojoguno sangat terkenal dan banyak diburu
oleh para kolektor Pusaka karena memiliki keistimewaan pada bilahnya yang dapat menembus logam.

tuah keris brojoguno

Singkat cerita tentang keampuhan Keris Brojoguno berawal
dari masa penjajahan, yaitu pada saat seorang pangeran dari lingkungan keraton Solo yang berhasil menusukkan Kerisnya hingga tembus pada baju zirah seorang petinggi pasukan Belanda.

Secara harfiah, kata "Brojo" berarti "Besi", dan "Guno" berarti "Berguna". Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka dapat di artikan bahwa Keris Brojoguno adalah sebilah Keris dengan besi yang sangat berguna untuk kemaslahatan Manusia.

Brojoguno sendiri adalah nama seorang Empu yang menciptakan Keris ini, beliau adalah Empu Brojoguno sepuh yang hidup pada masa Sinuhun Paku Buwono I hingga Sinuhun Amangkurat Jawi. Empu Brojoguno berasal dari desa Kajoran.

Beliau memiliki dua orang putera yaitu Empu Brojoguno II dan Empu Brojo Setika. Bersama dengan Empu Brojokaryo, Empu Brojo Setika inilah nantinya yang akan melahirkan Keris-Keris tangguh Mangkubumen (pada masa Paku Buwono V).

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Keris Brojoguno yang terkenal ampuh tersebut berasal dari masa tangguh PB I hingga PB V atau dengan kata lain dibuat pada masa Empu Brojoguno sepuh dan Empu Brojoguno II.

Keris Brojoguno memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu bilahnya berukuran agak panjang dibanding Keris tangguh Mataram, tebalnya hampir 2 kali lipat dari Keris Mataram dan berbentuk ngadal meteng.

Bentuk gonjonya agak melengkung dengan sirah cecak tidak begitu meruncing pada bagian ujungnya,
sedangkan gulu meled dan wetengannya berukuran sedang. Kembang kacangnya nggelung wayang, jalen dan lambe gajahnya berukuran sedang, sogokannya semakin menyempit kearah ujung dengan blumbangan dangkal.

Untuk Keris Brojoguno yang tanpa kembang kacang, bentuk gandiknya agak miring. Penampilan Keris Brojoguno terkesan tegas, gagah dan meyakinkan. Untuk Keris karya Empu Brojoguno ll, bentuknya mirip seperti Keris karya Ayahnya tapi ukuran bilahnya lebih pendek.

Sedangkan Keris karya Empu Brojoguno lll bentuk gonjonya lebih lebar. Pamor Keris Brojoguno tergolong rumit, lembut dan biasanya merata di seluruh permukaan bilah serta tertanam kuat dan pandes pada bilah.

Pamor miring pada Keris Brojoguno tampak sangat rapi dengan alur pamor tidak ada yang saling bertindihan antara satu dengan yang lainnya. Keris Brojoguno bisa berpamor apa saja, tapi yang paling banyak adalah pamor:
  1. Wos Wutah
  2. Pedaringan Kebak
  3. Ron Genduru
  4. Wengkon
  5. Nogo Rangsang
  6. Koro Welang
  7. Dan Lar Gangsir.
Namun seiiringnya waktu, Keris Brojoguno sangat jarang sekali di miliki oleh kebanyakan orang, karena terbilang tidak mudah untuk memilikinya. Bila pun ada hanya Keris Brojoguno Kamardikan kosongan yang dibuat sebagai pajangan ataupun isian khodam yang dimasukan oleh pembuatnya.

Namun tuah dan Khasiat sekalipun Keris Brojoguno Kamardikan tetaplah bisa membantu setiap hajat sang pemiliknya.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel