[FILOSOFI] Tuah Keris Kyai Naga Siluman √

Keris Kyai Nogo Siluman paling sakti, konon ini adalah salah satu Keris Pusaka Pangeran Dipenegoro, dimana sampai sekarang masih banyak sekali orang yang berkeningan untuk memiliki keris ini. Akan tetapi sayangnya, tidak mudah bila ingin memilikinya karena dibutuhkan pengetahuan khusus, selain itu Khodam pada keris Nogo Siluman termasuk pemilih.

keris nogo siluman

Dapur Keris Nogo Siluman, termasuk salah satu dapur Keris Naga yang populer dan banyak diburu oleh para kolektor benda Pusaka dan orang-orang yang mempercayai pada Tuah ghoibnya.

Tokoh Nasional yang memiliki ageman Keris Nogo Siluman adalah Pangeran Diponegoro, seperti yang telah saya tuliskan diatas tadi. Dimana Tokoh ini sangat disegani dan sering membuat repot Belanda pada masa perang Kemerdekaan. Setelah dipegang oleh Pangeran Dipenegoro, konon Keris ini kemudian menjadi ageman Jenderal besar Soedirman yang dengan gagah berani memimpin pasukan PETA berperang melawan penjajah Belanda pada perang Kemerdekaan.
Siluman atau Seluman dalam bahasa Sansekerta berarti khayalan, yaitu bayangan yang dibangkitkan oleh kekuatan ghoib. Jadi pengertian Nogo Siluman secara harafiah dapat diartikan sebagai Naga yang tidak kelihatan atau Naga yang ada di alam khayalan


Keris Nogo Siluman tergolong sangat langka, dan pada jaman dahulu banyak dipakai oleh tokoh Agama atau orang-orang yang mendalami ilmu kebatinan dan spiritual saja.

Ciri Keris Nogo Siluman

Keris Nogo Siluman, memiliki luk 13 ada yang lebih dan kurang dengan:
  • Gandhik yang berbentuk kepala Naga mengenaka mahkota
  • Sumping
  • Dan juga kalung.
Ciri lainnya dari Keris Nogos Siluman, pada badan Naga dibuat sedikit tersamar yang kemudian menghilang pada luk pertamanya. Menyatu dengan bilahnya yang mengandung makna sebagai himbauan agar Manusia dalam menjalani hidup ini harus bisa mengendalikan hawa nafsunya berupa Kekuasaan, Kemewahan dan Kekayaan.

Makna dari simbol ini dapat diartikan bahwa, sebagai seorang pemimpin tidak boleh bertindak sewenang-wenang. Karena apa yang dimilikinya adalah"sampiraning urip". Sedangkan mulut Naga yang terbuka cukup lebar yang kadang disumpal dengan butiran emas atau batu mulia diyakini dapat meredam kekuatan negatif atau hawa panas dari Keris Nogo Siluman tersebut.

Makna sesungguhnya, menjadi pesan dari disumpalnya mulut Naga menggunakan Emas atau batu mulia lainnya, adalah bahwa Manusia harus mampu mengendalikan ucapannya. Masyarakat Jawa mengenal ungkapan yang berbunyi:
"ajining diri soko kedaling lati", artinya kehormatan diri seseorang berasal dari ucapan atau kata-katanya.
Dan jika dihubungkan, sifat-sifat kepemimpinan, pesan yang tersirat yaitu bahwa sabdo adalah seorang Pemimpin tidak boleh berubah-ubah (sabda pandita ratu tan keno wola-wali).

Dengan demikian, kemulian seorang pemimpin tercermin dari kemampuannya untuk menyelaraskan antara perkataan dengan perbuatan. Sedangkan Tuah dari Keris Nogo Siluman sendiri sebagai berikut:
  1. Keris Nogo Siluman dipercaya memiliki tuah untuk menghilang, atau mengalihkan pandangan musuh sehingga tidak bisa melihat pemegang Keris ini
  2. Tuah ghoib Keris Nogo Siluman, juga dipercaya dapat menghindarkan pemiliknya dari segala masalah atau selalu dapat lolos dari masalah seperti filosofi tubuh Naga yang menghilang pada bilahnya
  3. Menambah aura Kewibawaan dan kesaktian bagi pemiliknya.
Dari khasiatnya diatas, sudah bisa kita simpulkan mengapa masih banyak orang yang memburu keris ini untuk di jadikan Pusakanya.

Namun pada zaman sekarang, Keris Kyai Nogo Siluman Kamardikan sangat banyak dipasaran, ini juga menandakan bahwa kecintaan pada Karya seni Jawa masih sangat tinggi.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel