[FILOSOFI] Tuah Keris Pamor Keleng √

Familiarnya sebuah keris, dengan Pamor Kelengan yang sangat kental dengan Tuah magisnya, yang konon bisa digunakan untuk berbagai macam Khasiat. Namun sayangnya, tidak mudah memiliki Tuah Keris Kelengan ini, dibutuhkan pengetahuan khusus dan setidaknya sudah berpengalaman di bidang perkerisan.

tuah keris pamor keleng

Keris Kelengan, merupakan Keris yang tidak berpamor dan warna bilahnya menjadi hitam legam ketika diwarangi. Penempaan Keris ini biasanya sangat matang, sehingga memiliki pesona tersendiri bagi para penggemar Tosan Aji.

Keris keleng lebih yang mengutamakan kematangan tempaan, dan juga kesempurnaan garapan. Garap yang dimaksud meliputi keindahan bentuk bilah, termasuk semua ricikannya.

Kesempurnaan garap bermakna ketepatan etika, dan sopan santun kita, bisa juga bermakna keselarasan dengan lingkungan hidup. Keris Keleng juga bisa menjadi bahasa untuk memahami tingkat kematangan Empu pembuatnya
secara lahir maupun batin yang tidak lagi ingin menonjolkan kelebihannya.
Sederhana namun menyimpan misteri yang dalam!
Secara lahir bisa dilihat kesanggupan sang Empu dalam mengolah besi untuk menjadi matang dan presisi.

Dalam penggarapan Keris tersebut juga dibutuhkan kecermatan dan kedalaman batin. Kedalaman batin Empu diterjemahkan dalam bilah Keris yang hitam polos tidak bergambar yang mengisyaratkan jika sang Empu sudah menep (mengendap) dari keinginan duniawi.

Makna yang disampaikan harus diterjemahkan dengan kedalaman rasa yang bersahaja dan efek yang ditimbulkan dari sugesti terhadap Keris Keleng tersebut adalah, bahwa Keris tersebut mampu menjadi inspirasi tentang ketulusan/keikhlasan.

Ada juga yang beranggapan bahwa Keris keleng memiliki kekuatan secara isoteri lebih multifungsi
dibandingkan dengan Keris yang berpamor karena Empu pembuatnya lebih mengutamakan isi daripada daripada keindahan fisiknya.


Dengan demikian sudah bisa di ketahui, bahwa pembuataan Keris Kelengan fokus ke sebuah titik isi dari Tuahnya. Karena itu sampai sekarang masih banyak yang menginginkan untuk bisa memiliki Keris ini.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel