√ [FILOSOFI] Tuah Keris Tilam Sari

Keris Tilam Sari merupakan, Ibu dari berbagai Keris Pusaka di tanah Jawa. Dengan Tuahnya yang dasyat, membuat Keris Tilam Sari masih sangat di cari oleh banyak para tokoh magis setanah Jawa melalui ritual penarikan Pusaka Keris Tilam Sari, namun tidak semua orang bisa dengan mudahnya memiliki Senjata Pusaka ini.

Dibutuhkan tekat yang kuat, berani susah dan mampu menahan lapar dalam memiliki Keris ini. Jika belum mampu untuk menahan lapar, melewati tirakat yang berat, maka harapan untuk bisa memiliki Keris Tilam Sari akan menjadi sia-sia semata.

keris tilam sari

Keris Tilam Sari termasuk dalam salah satu Dhapur Keris lurus, yang bentuknya sangat mirip dengan Keris Tilam Upih. Terdapat beberapa ricikan dari kedua Keris ini, juga hampir sama, yaitu pada:
  • Gandhik polos dengan ukuran yang normal
  • Memakai tikel alis dan pejetan.
Untuk membedakan antara Keris Tilam Sari dan Keris Tilam Upih hanya pada tingilnya saja.
Keris Tilam Sari, menggunakan tambahan tingil, yaitu tonjolan kecil yang terletak pada ekor Gonjo, sedangkan Keris Tilam Upih tidak menggunakan tingil.
Keris Tilam Sari, secara umum memiliki makna, yaitu:
  • Tilam
    Merupakan pembaringan/alas tidur untuk beristirahat.
  • Sari
    Bisa di artikan harum, wangi atau semerbak.
Tuah dari Keris Tilam Sari, dipercaya dapat mendatangkan kebahagiaan, kesejahteraan, kemuliaan, kedamaian, keharmonisan keluarga, nama yang harum dan dihormati oleh banyak orang, serta senantiasa mendapat perlindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Seperti halnya Keris Tilam Upih, Keris Tilam Sari juga banyak dijumpai di masyarakat terutama di Jawa karena Keris ini adalah Keris umum yang bisa cocok dimiliki oleh siapa saja, artinya Keris ini tidak
termasuk Keris pemilih.

Pada jaman dahulu, banyak masyarakat Jawa yang menyimpan Keris Dhapur Tilam Sari sebagai pusaka keluarga dengan harapan agar keluarganya dapat memiliki kehidupan yang harmonis, tenang, nyaman, bahagia dan sejahtera seperti filosofi Tilam Sari yang melambangkan tempat beristirahat yang nyaman dan harum semerbak.

Namun dizaman sekarang, Keris Tilam Sari Sepuh sudah sangat jarang ditemukan walaupun ada kebanyakan Kamardikan. Keris Tilam Sari Kamardikan, bisa saja memiliki Tuah yang sama dengan Sepuhnya Tilam Sari, seorang tokoh spiritual bisa saja memasukan Khodam ke dalamnya, walaupun dari segi kekuatan sudah tentu berbeda dikarenakan pada Keris Sepuh Tilam Sari membuatnya dari unsur alami dengan berbagai perpaduan Logam.

Sedangkan Keris Tilam Sari Kamardikan, hanya mengandalkan Khodam isian Manusia yang memiliki keterbatasan dalam kekuatan.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel