√ [FILOSOFI] Tuah Keris Jalak Sangu Tumpeng

Keris Jalak Sangu Tumpeng seperti itulah namanya, dimana keris ini termasuk jenis yang sangat terkenal. Dengan Tuah dan energi yang terkandung di dalam, keris Jalak Sangu Tumpeng, membuat namanya menjadi sangat disegani dan diburu oleh para tokoh spiritual, karena mengingat Tuahnya maka tidak mudah untuk memiliki keris ini.

keris jalak sangu tumpeng

Jalak Sangu Tumpeng, memiliki ciri khas khusus padanya, sebagai salah satu keris Bertuah ampuh dan sakti, membuat apa yang menjadi cirinya sangat banyak yang mengetahui. Untuk ciri dari Keris Jalak Sangu Tumpeng ini, memiliki ricikan seperti:
  1. Gandik polos
  2. Tikel alis
  3. Pejetan
  4. Sogokan rangkap
  5. Sraweyan
Keris inipun memiliki arti dan makna dari pembuatnya, karena hampir semua karya seni keris yang tertuang akan memberikan seribu arti.
Thingil dalam bahasa Indonesia,"Jalak Sangu Tumpeng" berarti "Burung Jalak Berbekal Tumpeng".
Makna diatas, bisa diartikan, Burung Jalak adalah, yang pandai berkicau dan rajin mencari makan, memiliki kepekaan yang tinggi terhadap lingkungannya dan tidak merugikan yang lain, serta setia pada pasangannya. Tumpeng adalah sajian, nasi berbentuk kerucut dengan lauk-pauk yang ditempatkan di atas tampah (Nampan).
Tumpeng dalam tradisi Jawa, sering disajikan dalam upacara-upacara khusus sebagai sarana untuk mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk Tumpeng, yang menyerupai gunung ini, melambangkan ketuntasan dan kesempurnaan. Artinya:Jika melakukan sesuatu, harus dengan tuntas dan tidak setengah-setengah. Kalimat Tumpeng sendiri, berasal dari kata "Tumungkulo sing Mempeng" yang artinya "Menunduklah yang khusuk dan benar" yang merupakan sebuah pepeling, jika kita ingin selamat di Dunia dan Akhirat hendaknya kita rajin beribadah dengan sungguh-sungguh.

Makna simbolis, yang terkandung pada Keris Jalak Sangu Tumpeng merupakan pandangan dan pegangan hidup untuk mencapai sukses dalam bekerja dan berusaha. Jalak merupakan gambaran, seseorang yang berkewajiban mencari nafkah dan tentunya
untuk keperluan tersebut perlu mempersiapkan diri baik mental maupun spiritual.

Cara Mendapatkan Keris Jalak Sangu Tumpeng

Untuk Anda yang berharap memilikinya, perlu diketahui bahwa itu tidaklah mudah hanya orang-orang tertentulah, yang bisa memiliki Keris ini yang lengkap dengan berbagai Tuahnya. Di perlukan, Trah khusus dalam memilikinya, atau memang mengusahakan melalui olah laku, ritual dan tirakat yang kuat.

Namun untuk jenis Keris Jalak Sangu Tumpeng Kamardikan, tidaklah sulit untuk memilikinya karena ada banyak sekali yang menjualnya. Untuk Tuah keris Kamardikan, tergantung kepada si pembuatnya karena biasanya akan di isi dengan khodam-khodam, atau energi positif yang kuat, sehingga akan mirip dengan Tuah Keris Jalak Sangu Tempeng Sepuh aslinya.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel