√ [FILOSOFI] Keris Nogo Gana Kikik

Keris Nogo Kikik yang memiliki Tuah ampuh, dengan berbagai macam dan jenis khasiat dimana sipemilik Keris ini, bisa menuntaskan sebuah hajat-hajat besar. Selian itu, dipercayai bahwa, pemilik Keris Nogo Kikik ini bukanlah orang sembarang, hanya tokoh spiritual sakti saja yang mampu memegang Keris ini, akan tetapi semuanya akan kembali kepada kekuatan dari Keris itu sendiri jika Sepuh Tangguh Kerajaan sudah pasti memiliki kekuatan yang besar.

keris naga kikik

Keris Nogo Kikik, yang dulunya merupakan pegangan para Senopati Kerajaan saja. Nogo Kikik sendiri merupakan sebuah simbol yang maknai:
  • Keberanian
  • Kegagahan
  • Kekuatan
  • Kecerdasan
  • Dan kesetiaan.
Karena itulah seorang Senopati harus dituntut memiliki Keberanian, Kegagahan, Kekuatan, dan Kecerdasan saat berperang, selain itu juga harus memiliki kesetiaan pada Raja dan Kerajaan.

Keris Nogo Kikik, sering juga di sebut dengan sebagai Singo Kikik atau Gana Kikik.

Ciri Keris Naga Kikik

Bentuk Gandik dari Keris ini, biasanya di ukir dengan bentuk Anjing/Asu/Kirek (kikik) yang sedang melolong dengan posisi kaki depan tegak dan kaki belakangnya menekuk. Ada juga ricikan lainya seperti:
  1. Tikel alis
  2. Sraweyan
  3. Greneng
  4. Dan ri pandan.
Konon pada zaman Kerajaan Mataram, pada masa pemerintahan Sultan Agung, para Abdi kinasih atau yang biasanya tergabung dalam pasukan Telik Sandi Kerajaan, mereka akan diberikan Keris pusaka berdhapur Singo Barong atau Gana Kikik, sebagai simbol bahwa mereka akan setia dan mampu menjaga Negara dan Raja.

Keris Nogo Kikik, memiliki Gandik yang ditatah berbentuk atau mensetilasi seekor anjing atau dalam bahasa Jawa sering disebut "kikik", walaupun ada juga yang mengatakan Keris ini bedhapur Singo Barong. Tapi bentuk ukiran pada Gandhiknya masih sangat sederhana (primitif). Ukiran anjing (kikik) melambangkan Kepekaan, Kekuatan dan Kesetiaan. Karakter tersebut wajib dimiliki oleh pasukan Telik Sandi Kerajaan yang
memiliki tugas penting dalam menjaga keamanan dan kedaulatan Negara.

Sama halnya dengan Keris-Keris Dhapur Naga atau Singo Barong, biasanya pada moncong Keris Nogo Kikik juga sering disumpal dengan batu mulia atau logam mulia untuk meredam aura panas dari Keris tersebut. Sebenarnya mulut yang disumpal dengan batu atau logam mulia (Ngemut) tersebut adalah simbol agar semua ucapan yang keluar dari mulut pemiliknya adalah sesuatu yang mulia walaupun dirinya memiliki Kegagahan, Kekuatan dan Kekuasaan layaknya Naga dan Singa.

Diatas adalah sedikit khiasan mengenai Keris Nogo Kikik, yang sejatinya dibuat sangat khusus. Maka dari itu, tak heran jika Keris ini memiliki Khodam pemilih dan tidak sembarangan orang yang bisa memilikinya.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel