√ [WESIAJI] Nama Besi / Wesi Untuk Bahan Keris Pusaka

Wesi Aji Untuk Bahan Pusaka biasanya bukanlah sembarang, karena terdapat nama dari jenis besi yang digunakan untuk membuat sebuah Benda Keris, Tombak dan Pusaka lainnya. Karena di yakini, bukanlah sembarang Wesi yang memiliki kekuatan murni berasa dari Alam, selain itu tingkat kekerasan dan tahan akan sepuh membuat tidak sembarang Wesi / Besi bisa memiliki kelebihan itu.

nama besi bahan keris

Dalam pembuatan Pusaka, pada jaman dahulu sang Empu biasanya akan memilihkan terlebih dahulu sebuah besi yang nantinya akan dibuat sebuah senjata Pusaka. Keris Pusaka contohnya, dibuat dengan bahan pilihan yang diyakini memiliki tuah alami.

Perpaduan dari beberapa jenis logam, yang berbeda masing-masing Tuah dari bahan tersebut kemudian dibabar dengan laku khusus sehingga menjadi sebilah Keris Pusaka Karena itulah, seringkali sebilah Keris bisa memiliki beberapa Tuah sekaligus karena terbuat dari perpaduan beberapa jenis yang logam berbeda

Empu Keris pada jaman dulu, bukanlah orang sembarangan, mereka orang-orang linuwih yang memiliki pengetahuan tentang ilmu metalurgi yang berkaitan dengan ilmu kimia-fisika, serta memiliki kepekaan rasa dan batin sehingga bisa mengetahui bahan-bahan logam yang berkualitas dan memiliki energi yang baik. Dan berikut ini, beberapa nama dan jenis Wesi/ Besi yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan Pusaka:
  • Besi Karangkijang
    Jenis besi yang urat-uratnya, seperti air lautan, inilah yang disebut pendetanya Besi, dari warna hitam kebiruan dan jika dijentik dengan jari akan menimbulkan suara "Ambrenge-ngeng" seperti suara lebah terbang. Hawa besi ini dingin, sabar dan ampuh
  • Besi Pulosani
    Besi ini yang urat-uratnya seperti batu asih, warnanya mengkilat kehijauan (Nyamberlilin) dan jika dijentik dengan jari akan berbunyi "Gum...". Tuahnya tulus, sebagai pembawa Rejeki, Derajat dan sangat baik digunakan sebagai bahan Pusaka.
  • Besi Mengangkang
    Jenis besi yang urat-uratnya polos, warnanya hitam keunguan, jenis besi ini ada dua macam yaitu:
    1. Mengangkang laki-laki jika dijentik dengan jari akan bunyinya "Drungngng" panjang bergema. Tuahnya sangat baik, yaitu menambah Wibawa.
    2. Mengangkang perempuan, jika dijentik akan bunyinya "ambrengengeng" seperti suara lebah terbang. Tuahnya akan membuat pemiliknya disayang orang
      sekeliling dan membawa Rejeki.
  • Besi Walulin
    Jenis besi yang ini, urat-uratnya seperti pasir malela (ada kristal mengkilat yang membayang dipermukaan), warnanya cenderung kebiruan, jika dijentik dengan jari akan bunyinya "Gung..." bergetar. Tuahnya membuat pemiliknya, dihormati banyak orang dan baik untuk usaha ternak.
  • Besi Katub
    Jenis besi yang urat-uratnya seperti rambut, warnanya hitam kehijauan dan mengkilat. Jika dijentik dengan jari bunyinya "Kung ambrengengeng" seperti Iebah terbang. Biasanya Tuah jenis ini untuk kekebalan dan baik untuk pedagang.
  • Besi Kamboja
    Jenis besi yang urat-uratnya seperti gadung gemerlapan, warnanya keputihan dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Tong ngong..nging.." panjang. Inilah yang disebut sang Putrinya besi, Tuahnya menjadikan peniliknya dihormati banyak orang.
  • Besi Welangi
    Jenis besi yang konon berasal dari lautan, warnanya kuning agak kehijauan dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Nging... ambrengengeng" seperti suara Iebah terbang. Tuahnya untuk keselamatan dan mudah mencari rezeki.
  • Besi Ambal
    Jenis besi yang berwarna kebiruan agak kemerahan, konon berasal dari batu gunung dan jika dijentik dengan jari bunyinya "ambrengengeng" bergetar. Tuahnya bisa menarik Pusaka lainnya.
  • Besi Tumpang
    Jenis besi yang digelari kuncinya besi, warnanya biru agak keunguan dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Jrung..." gaungnya panjang. Tuahnya baik untuk Kesaktian dan Kewibawaan.
  • Besi Windudadi
    Jenis besi yang warnanya putih dan biru seperti kaca dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Dung..." Tuahnya untuk Kekuatan dan Keteguhan.
  • Besi Werani
    Jenis besi yang konon berasal dari Gunung Srandil, warnanya hitam keunguan seperti bunga teleng dan jika dijentik dengan jari bunyinya "ambrengengeng" seperti suara lebah terbang. Tuahnya sangat ampuh untuk meningkatkan pangkat
    dan derajat pemiliknya, tapi jika pemiliknya tidak kuat justru akan menyebabkan melarat.
Diatas, hanyalah beberapa nama, jenis dan Tuah dari Wesi / Besi yang biasanya di buat sebagai bahan Pusaka. Sebenarnya, masih banyak lagi yang lainnya, nama dari Wesi untuk bahan pusaka, namun refrensi belum akurat jadi tidak saya masukan ke dalam Label di atas.

Bagi Anda yang ingin membabar, sebilah Keris sebagai benda Pusaka perlu diketahui, bahwa tidak mudah menemukan bahan-bahan dari nama Wesi untuk bahan Pusaka diatas.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel