[FILOSOFI] Tuah Keris Pamor Ngulit Semongko √

Sebuah keris bisa saja menjadi sebuah dorongan untuk maju lebih baik, Tuah Pamor Ngulit Semongko salah satu dari sekian banyak Pusakan Tanah Jawa yang menjadi penyemangat hidup, dan apa saja yang menjadi harapan insya allah akan terpenuhi. Tercapai selalu cita-cita yang di inginkan oleh pemilik Keris ini sebagai penyemangat dalam kehidupannya supaya menjadi lebih baik lagi.

tuah keris pamor ngulit semongko

Pamor Ngulit Semongko, atau sering disingkat "Ngulsem" termasuk jenis pamor yang mudah dibuat karena tidak memerlukan banyak lipatan. Itulah sebabnya, walaupun bentuk motifnya mirip pamor Wos Wutah, tapi pamor Ngulit Semongko tampak lebih kasar karena garis-garisnya lebih tebal.

Pamor Ngulit Semongko (Ngulsem), adalah salah satu motif pamor pada bilah Keris atau Tombak yang bentuknya mirip dengan motif pada kulit buah semangka sehingga dinamakan "Ngulit Semongko" yang artinya "seperti kulit semangka".

Pamor ini paling banyak dijumpai pada bilah Keris atau Tombak dan tergolong pamor tiban, yaitu pamor yang bentuk motifnya tidak direncanakan terlebih dahulu oleh Empu pembuatnya. Tuah Pamor Ngulit Semongko dipercaya dapat memperluas pergaulan, disukai semua orang dan
memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki.
Intinya seperti ini, jika kita pandai bergaul dan disukai banyak orang, maka pintu rejeki juga semakin terbuka lebar karena peluang bisa datang dari mana saja.
Ada juga yang berpendapat bahwa motif garis-garis pada pamor Ngulit Semongko ibarat bermacam-macam jalan atau cara yang akan menuju ke satu arah tujuan.

Hal itu merupakan pesan, agar dalam
kehidupan ini kita tidak boleh patah semangat untuk menggapai cita-cita dan harapan. Yakinlah bahwa masih banyak jalan untuk mewujudkan cita-cita selama kita terus melangkah maju dan terus berjuang pantang menyerah, yakinlah jika kita terus melangkah maju, maka akan semakin jelas arah tujuan kita daripada kita berhenti di satu titik atau kembali ke arah semula karena merasa putus asa.

Pamor Ngulit Semongko tergolong pamor mlumah. Pamor ini tidak pemilih dan cocok dimiliki oleh siapa saja.

Terkadang pada sela-sela motif pamor Ngulit Semongko juga terdapat pamor titipan seperti pamor Rojo Gundolo atau pamor Sirat yang menjadikannya bernilai tinggi. Itulah sebabnya walaupun pamor Ngulit Semongko termasuk jenis pamor umum dengan bentuk yang sederhana, tapi jika terdapat pamor titipan yang istimewa kadang Keris atau Tombak dengan pamor Ngulit Semongko juga bisa bernilai seni yang tinggi.

Sebatas itulah pengetahuan yang bisa dibagikan, semogga bisa bermanfaat untuk kita semua dalam seputaran Keris Pusaka dengan Pamor Ngulit Semongko.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel