[KHASIAT] Tuah Keris Pejetan √

Dalam sebuah Ricikan pada Keris, tersirat berbagai macam khasiat, salah satunya Tuah Keris pejetan yang bisa dimaknai dan mampu membantu hajat pemiliknya. Akan tetapi, semuanya masih akan tergantung kepada si Empu pembuatnya karena Tuah dan makna akan dikembalikan kepada pembawaan si pemiliknya lagi.

tuah keris pejetan

Keris pejetan yang pada permukaan bilahnya terdapat lekukan-lekukan menyerupai bekas pijatan jari tangan. Tentang lekukan pada permukaan bilah yang menyerupai bekas pijitan tangan tersebut memang sulit dibuktikan secara
ilmiah, jika itu benar-benar dibuat dengan pijitan jari tangan.
Sebagian penyuka Keris menduga bahwa bentuk seperti bekas pijitan jari tangan itu terjadi karena paron atau permukaan landasan penempaan Keris tidak rata atau permukaan palu yang digunakan untuk menempa bilah Keris tidak rata.
Tapi tentunya tidak sesederhana itu, pasti ada maksud lain dari sang Empu pembuatnya kenapa membuat Keris dengan ciri seperti itu.

Mungkin saja tanda pijitan jari tangan itu sebagai ciri khas dari Keris-Keris buatannya atau ada alasan lainnya. Empu Keris adalah seorang yang linuweh, dan memiliki ilmu kebatinan tingkat tinggi, jadi mungkin saja jika dapat membuat tanda lekukan pada bilah Keris karyanya dengan menggunakan jari tangannya.

Dalam ilmu Krisologi, Keris Pichit atau Keris Pejetan tergolong keris tayuhan, yaitu Keris yang dalam pembuatannya lebih mengutamakan Esoteri (Tuah / Yoni) dibandingkan dengan Eksoterinya (penampilan luarnya), karena rata-rata Keris pejetan memiliki bentuk yang sederhana dan terkesan dibuat seadanya saja.

Itulah sebabnya banyak penggemar Keris yang beranggapan bahwa Keris pejetan tergolong Keris yang memiliki tuah baik karena dibuat hanya
menggunakan tangan. Karena kepercayan itulah, sekarang ini banyak ditemukan Keris pejetan palsu yang sebetulnya Keris buatan baru.

Maraknya pemalsuan Keris pejetan terjadi karena banyaknya peminat Keris ini karena di
anggap sepuh dan memiliki kekuatan ghaib tinggi. Banyaknya peminat Keris pejetan tentunya menjadikan harga Keris ini menjadi mahal. Hal ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan sehingga banyak yang membuat Keris pejetan palsu demi mendapatkan keuntungan yang berlebihan dalam segi bisnisnya.

Pada kenyataannya, sebagai pecinta Keris tentu mengetahui keaslian dari Pejetan tersebut, hanya saja untuk yang awam tetap akan tertipu dengan ini seperti ini.
Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel