Doa agar Diberi Ketenangan Hati, Keikhlasan dan Menghilangkan Kegelisahan

(Gambar: unsplash.com)

Menjalani kehidupan ibarat menyusuri jalan, terkadang jalan itu datar dan lurus, terkadang jalan itu mendaki, menurun, adakalanya berkelok.

Seperti itulah kehidupan, adakalanya hidup kita biasa-biasa saja, tenang dan nyaman, namun terkadang kita dihadapkan dengan munculnya masalah yang sangat mengganggu kita ditengah menikmati ketenangan hidup.

Munculnya masalah dalam hidup, tentunya membuat kita cemas, gelisah, stress, bahkan kemungkinan terburuknya adalah depresi.

(Gambar: pxhere.com)

Disaat seperti inilah kita seakan dibuat tak berdaya menjalani kehidupan ini.

Jika Anda sedang berada pada titik ini, bukanlah hal yang baik untuk terus berlarut ke dalam masalah.

Tetaplah tegar dan berdoalah kepada Allah SWT, tuhan sang pemberi kehidupan.

Dan disini saya akan berbagi kepada Anda kumpulan bacaan doa ketenangan hati dan pikiran yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW berdasarkan hadist shahih, diriwayatkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW serta ayat-ayat yang terdapat di dalam Al-Quran.

Bacaan Doa Agar Hati Tenang

Bacalah doa berikut ketika Anda merasakan kegelisahan. Selain untuk memberi ketenangan hati, melafalkan doa-doa ini juga bertujuan agar kita terhindar dari marabahaya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk & dari keberhasilan musuh".

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجِلَاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyafik, maadlin fiyya hukmuk, adlun fiyya qadla’uk, as’aluka bikullismin huwa laka sammaita bihi nafsak, aw anzalitahu fi kitabik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, awis ta’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indak, an taj’ala qur’ana rabi’a qalbi wanura shadri wajalaa’a huzni wadzahaba hammi.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku, Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu, agar engkau menjadikan AlQur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku."

Doa Agar Diberi Keikhlasan

Dan berikutnya adalah bacaan doa agar ikhlas menerima apapun keputusan Allah SWT.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Birahmatika astaghiiths.

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan."

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

Bacaan Doa Agar tidak Gelisah

Berikutnya lagi bacaan doa untuk menghilangkan rasa gelisah dan cemas. Bertujuan agar diberikan ketenangan hati dan ikhlas dalam menerima semua keputusan Allah SWT.

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla.

Artinya: "Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya."

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

Itulah kumpulan bacaan doa agar hati tenang, iklash dan tidak gelisah yang dapat saya bagikan dikesempatan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Dan perlu Anda ingat bahwa seeluruh emosi (bahagia, sedih, marah, cemas, rasa kehilangan) itu tidak ada yang bertahan selamanya, untuk apa kita terganggu dengan sesuatu yang tidak selamanya.

Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel