Doa Ketika Menghadapi Kesulitan (Arab, Latin beserta Artinya)

(Gambar: pxhere.com)

Mengalami kesulitan adalah jajanan wajib bagi setiap manusia yang menjalani kehidupan di dunia ini. Kurang lengkap rasanya jika kehidupan yang kita jalani ini hanya lurus tanpa adanya kelokan.

Ketika mengalami kesulitan atau mendapat cobaan, umumnya kita akan mengeluh, karena kita mungkin merasa belum siap untuk melewati cobaan itu.

Mengeluh adalah hal yang wajar, karena itu merupakan sifat alami manusia. Tetapi tentu kita tidak bisa hanya mengeluh terus menerus, karena seperti yang kita ketahui, mengeluh tidak akan menyelesaikan apapun.

Lakukan apa yang seharusnya kita lakukan untuk melewati kesulitan ini. Dan berdoalah memohon kepada Allah SWT agar kita mampu menghadapi kesulitan ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bacaan doa, wirid atau dzikir yang bisa dijadikan amalan ketika berada dalam masa sulit, saat kebingungan dan pusing menjalani kehidupan yang sangat berat, ketika merasa putus asa, sedih, khawatir, atau takut tidak bisa melewati cobaan yang diberikan oleh Allah SWT.

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan

Doa dibawah ini bersumber dari hadits shahih yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar diberi rahmat dan petunjuk supaya kita bisa melawati kesulitan yang terasa begitu berat.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’as mihi syai’un fil ardli walaa fis samaa’i wahuwas samii’ul ‘aliim.

Artinya: "Dengan nama Allah, dengan nama-Nya tidak akan berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami."

Anda bisa membaca doa-doa diatas kapanpun Anda mau. Doa ini bisa Anda baca setelah solat sunnah, solat wajib atau kapanpun Anda ingin berdoa.

Semoga bermanfaat! Dan jangan lupa berdoa ketika menghadapi kesulitan. Karena tidak ada kemudahan tanpa kita mendapatkan petunjuk yang diberikan oleh Allah SWT.

Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel