Puasa Nazar: Niat Puasa Nazar, Tata Cara dan Keutamaan

(image: unsplash.com)

Jika Anda pernah bernazar untuk melakukan puasa sunnah, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk menunaikan puasa tersebut.

Mengapa demikian?
Bukankah kewajiban berpuasa bagi umat muslim hanya ada di bulan ramadan?

Sebelum kita membahas tentang Niat Puasa Nazar, Tata Cara dan Keutamaan Puasa Nazar, terlebih dahulu mari kita bahas tentang apa itu puasa nazar, supaya kita bisa paham tentang sebenarnya puasa apa yang akan kita jalani ini.

Untuk memahami Puasa Nazar, yang perlu kita garis bawahi adalah kata nazar.

Apa itu Nazar?

Secara harafiyah nazar berarti janji (melakukan hal) baik ataupun buruk. Tetapi secara syar'iyah nazar adalah mendeklarasikan diri menyanggupi untuk melakukan ibadah yang bukan ibadah wajib (fardlu 'ain).[1]

Ada dua kata kunci berdasarkan pernyataan diatas, kata kunci yang pertama adalah menyanggupi melakukan ibadah, sesuatu yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Jadi tidak sah hukumnya jika bernazar untuk melakukan sesuatu yang makruh atau haram. Seperti contoh: Saya bernazar akan meminum alkohol jika saya lulus ujian. Maka ketika saya berhasil lulus ujian, hukum nazar ini tidak sah, artinya meminum alkohol tetap mengikuti hukum awal yaitu haram.

Kata kunci kedua adalah ibadah yang bukan ibadah wajib (fardlu 'ain). Tidak sah hukumnya jika bernazar untuk melakukan ibadah fardlu 'ain seperti solat lima waktu, karna tanpa Anda bernazar pun Anda tetap diwajibkan untuk solat lima waktu.

Baiklah, sekarang kita kembali pada topik utama kita yaitu Puasa Nazar.

Jika Anda sudah memahami apa yang saya sampaikan diatas, tentu Anda juga paham tentang apa itu puasa nazar.

Puasa Nazar adalah puasa sunnah yang wajib kita lakukan jika sebelumnya kita bernazar untuk melakukan puasa. Seperti contoh: Jika saya lulus ujian, saya bernazar untuk melakukan puasa selama 3 hari. Maka wajib hukumnya bagi Anda untuk menunaikan puasa tersebut.

Untuk waktu puasanya sendiri, sama seperti puasa ramadhan yaitu dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Niat Puasa Nazar:

Jika Anda hendak menjalankan puasa nazar, berikut ini lafadz niat puasa nazar lengkap dengan huruf latin beserta artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

Nawaitu Shauma Nadzri Lillahi Ta'aala

Artinya: "Saya niat puasa nazar karena allah ta'ala"

Keutamaan Puasa Nazar:

Karena puasa merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, jika kita menjalani puasa nazar dengan penuh keikhlasan, kita tidak perlu meragukan lagi bahwa Allah SWT akan memberi imbalan yang berlipat ganda.

Catatan Kaki:
1.https://islam.nu.or.id/post/read/111231/pengertian-nazar-dan-ketentuannya-dalam-islam

Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel