Doa Sebelum Mengaji Membaca Al Quran (Arab, Latin beserta Artinya)

Alquran
Photo by Abdullah Ghatasheh from Pexels.com

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang harus kita pahami isi dan kandungannya. Karena di dalam Al-Quran terdapat berbagai macam petunjuk untuk kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.

Sebelum kita membaca Al-Quran atau mengaji, kita harus mensucikan diri terlebih dahulu, terbebas dari hadats kecil dan hadats besar, karena Al-Quran merupakan kitab suci maka ketika memegang atau membacanya kita juga harus dalam keadaan suci. Jika sedang memiliki hadats besar, maka kita harus mandi wajib atau mandi wiladah, bukan mandi biasa.

Beberapa riwayat hadits bahkan menyebutkan doa-doa khusus yang dapat kita baca untuk mengawali baca Quran. Dan pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang lafadz bacaan doa sebelum mulai membaca Al-Quran.

Doa-doa Sebelum Membaca Al-Quran

Ada beberapa doa yang dapat kita baca ketika hendak membaca Al-Quran atau mengaji, doa-doa berikut ini berasal dari hadits shahih, maka dari itu tidak perlu untuk memperdebat lagi manakah doa mengawali mengaji yang benar dan mana yang salah, karena semuanya sama-sama bersumber dari hadits yang terpercaya.

1. Doa Sebelum Membaca Al-Quran Singkat

Doa berikut ini adalah doa yang paling familiar dan selalu diajarkan oleh guru ngaji kita saat mulai membaca Al-Quran. Berikut adalah doa singkat sebelum baca Quran dalam bahasa Arab, latin beserta artinya.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Audzubillahi minasyaitan nirrajim.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk."

2. Doa Sebelum Membaca Al-Quran Sesuai Sunnah Rosul

Selain doa di atas, terdapat juga doa pendek sebelum membaca Al-Quran berdasarkan hadits-hadits shahih lainnya. Makna atau fadhilah dari doa berikut ini adalah memohon kepada Allah SWT untuk diluaskan ingatan dan pengetahuan kita agar tidak hanya lancar membaca, tetapi juga dapat memahami makna yang terkandung dalam Al-Quran.

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi.

Artinya: "Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Jangan lupa untuk mengamalkan doa-doa diatas ketika hendak mengaji atau membaca alquran, agar kita diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Sukmaning Aji Hanya orang biasa yang sekadar ingin berbagi pengetahuan seputaran ilmu kanuragan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel